Wisata Hutan Pinus Terbaik

Indonesia merupakan salah satu negara yang di karuniai keindahan alam yang tak terkira. maka tak mengherankan jika ada banyak sekali destinasi wisata alam terbaik dunia yang berada di Indonesia.

Setiap destinasi wisata di Indonesia pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri yang tak akan terlupakan. Banyak sekali wisata alam yang bisa kita kunjungi di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah yang ada di Indonesia bisa dikatakan memiliki destinasi wisatanya sendiri, dan setiap destinasi wisata tersebut akan selalu menjadi tujuan utama para wisatawan.

Jika kita berbicara mengenai destinasi wisata alam, maka akan ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita kunjungi. Mulai dari wisata pantai yang menakjubkan dan wisata pegunungan yang menegangkan.

Kali ini Coniver Lovers akan membahas mengenai wisata hutan pinus di Indonesia yang terkenal. Memang ada banyak sekali destinasi alam di Indonesia yang berhubungan dengan hutan pinus. Jika kamu menyukai kawasan wisata yang berhubungan dengan hutan nan tenang dan elok, maka ada beberapa kawasan hutan pinus yang harus kamu kunjungi, seperti :


1. Hutan Pinus Gunung Pancar - Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar
Hutan Pinus Gunung Pancar

Wisata gunung pancar memang sudah sangat terkenal di sekitaran Bogor. Kawasan yang satu ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang cukup terkenal pada saat musim liburan atau weekend biasa. Mereka yang datang ke kawasan wisata gunung pancar biasanya tertarik akan keindahan dan kenyamanan di kawasan wisata ini.

Bahkan tak jarang ada juga yang menjadikan kawasan hutan pinus gunung pancar sebagai salah satu spot prewedding. Hal ini karena suasana yang tenang dan cukup romantis. Kamu bisa berkunjung ke kawasan wisata ini bersama teman, keluarga, atau pasangan. Jika kedatangan kamu ke kawasan wisata ini masih belum terlalu puas, maka kamu bisa menyewa villa yang ada di sekitar tempat wisata ini untuk bermalam dan menikmati suasana yang menyenangkan.

Selain bisa menikmati keindahan hutan pinus gunung pancar kita juga bisa menikmati beberapa wisata air terjun yang juga tak kalah menarik. kawasan wisata yang satu ini bisa dikatakan sangat lengkap.


2. Hutan Pinus Mangunan / Asri - Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Nama hutan pinus mangunan sudah lama terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja. Hutan pinus yang berada di kawasan Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini memang sangat indah. Sebagai salah satu dari beberapa wisata hutan di Jogja, nama lokasi wisata hutan pinus mangunan tak perlu diragukan lagi.

Selain menjadi pusat surga wisata yang menyenangkan, banyak juga yang menjadikan kawasan hutan pinus mangunan sebagai tempat foto-foto di Jogja. Hal tersebut memang bukanlah sebuah hal yang keliru dan salah, kawasan wisata yang satu ini memang memiliki keindahan alam yang tak perlu kita ragukan lagi. Bahkan ada yang menyamakan keindahan hutan pinus mangunan ini dengan hutan-hutan pinus yang ada di luar negeri.


3. Hutan Pinus Bukit Moko - Bandung

Hutan Pinus Bukit Moko
Hutan Pinus Bukit Moko

Bukit Moko merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata di Bandung yang cukup terkenal. Kawasan bukit moko memberikan suasana yang lain daripada yang lain. Jika kamu berkunjung ke kawasan ini, maka kamu akan lebih dekat dengan alam.

Bukit yang berada di Kampung Buntis Bongkor, Kelurahan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, ini memang tak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung. Apalagi jika musim libur telah tiba atau pada saat weekend. Pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan dari bukit yang satu ini akan bertambah semakin banyak. Untuk dapat menuju kawasan wisata yang satu ini kamu hanya akan menempuh jarak 13 KM dari pusat kota bandung.


4. Hutan Pinus Kayon - Semarang

Hutan Pinus Kayon
Hutan Pinus Kayon

Hutan pinus kayon adalah salah satu tempat wisata di Jawa tengah, tepatnya di kota Semarang. Hutan pinus yang berada di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, ini letaknya strategis.

Kawasan hutan pinus kayon sendiri berada di lereng gunung Merbabu, maka tak mengherankan jika hutan pinus yang satu ini memiliki suasana yang sangat tenang dan nyaman. Nama hutan pinus kayon sendiri perlahan mulai banyak di kenal oleh masyarakat di luar kota Semarang. Kini kawasan wisata hutan pinus kayon terkenal sebagai salah satu tempat hunting foto di Semarang.


5. Hutan Pinus Semeru - Malang

Hutan Pinus Semeru
Hutan Pinus Semeru

Wisata hutan pinus semeru berada di Desa Sumber Putih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hutan sejuk ini sangat cocok dikunjungi buat kamu yang hobi selfie dan foto-foto. Kawasan ini dahulunya hanyalah kawasan hutan pinus yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk disadap getahnya. Namun seiring perkembangan wisata, masyarakat sekitar mulai memutar otak untuk mengembangkan bisnis pariwisatanya, salah satunya menjadikan Hutan Pinus Semeru (HPS) sebagai destinasi wisata.

Karena keunikannya sehingga banyak orang penasaran yang datang. Pada akhirnya warga desa dibantu oleh mahasiswa KKN untuk menata kawasan hutan pinus semeru menjadi objek wisata kekinian yang wajib dikunjungi.


6. Hutan Pinus Songgon - Banyuwangi

Hutan Pinus Songgon
Hutan Pinus Songgon

Untuk menarik minat wisatawan, Banyuwangi selalu menawarkan destinasi wisata baru salah satunya hutan pinus songgon. Berkat bantuan media sosial Instagram, tempat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Hutan Pinus Songgon beralamat di Desa Sumber Bulu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Deretan pohon pinus yang tak terlalu rapat, lengkap dengan suara aliran air Sungai Badeng, membuatnya menjadi wisata ini favorit di Banyuwangi. Selain itu, pengelola hutan pinus songgon membuat banyak spot selfie yang bisa dinikmati para pengunjung. Mulai dari hammock, rumah kayu, lampion gantung, hingga payung gantung menjadi dekorasi apik untuk selfie.


7. Hutan Pinus Malino - Sulawesi

Hutan Pinus Malino
Hutan Pinus Malino

Hutan pinus malino terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Wilayah ini juga dikenal dengan Pegunungan Malino, salah satu pegunungan besar di Sulawesi selatan. Jaraknya sekitar 90 km atau dapat ditempuh dalam tiga jam perjalanan dari Makassar.

Salah satu destinasi wisata hutan pinus yang cukup direkomendasikan di sana adalah Hutan Pinus Malino. Jalan menuju ke hutan pinus memang cukup menantang, lantaran banyak tikungan dan tanjakan. Namun itu akan terbayar saat kamu tiba di atas, pemandangan yang tersaji amat luar biasa. Dengan pemandangan yang asri dan cuaca menyegarkan, khas pegunungan.


8. Hutan Pinus Pengger / Sendangsari - Yogyakarta

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger

Seperti layaknya hutan pinus yang tumbuh di dataran tinggi, suasana sejuk asri dan alami disertai dengan harum aroma getah pinus adalah suasana yang akan menyapa pengunjung saat memasuki kawasa Hutan Pinus Pengger. Di area hutan, pengunjung bisa berkeliling dengan jalan kaki melalui jalan setapak yang berada tepat dibawah rindangnya pohon-pohon pinus.

Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada di bagian paling utara Kecamatan Dlinggo. Tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Meski demikian masih masuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 24 km dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.


9. Hutan Pinus Kalilo - Purworejo

Hutan Pinus Kalilo
Hutan Pinus Kalilo

Obyek wisata di Jawa Tengah acapkali jadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara. Provinsi ini memang miliki ratusan objek wisata alam dan budaya menarik. Jika kamu penat dengan hip pikuk kota, cobalah mampir ke Purworejo, ada Hutan Pinus Kalilo yang eksotis dan asri.

Hutan Pinus Kalilo berada di hamparan bukit dengan beragam tanaman tumbuh di atas permukaannya. Pohon pinus menjadi yang paling dominan, membuat suasana sekitar lebih sejuk. Banyak spot foto yang disediakan oleh pengelola untuk berselfie dan kursi serta meja kayu yang sengaja dibuat untuk pengunjung bersantai ditengah hutan pinus. Suasananya sungguh tenang dan bebas gangguan. Hutan pinus ini juga cocok dijadikan tempat nongkrong, foto pre-wedding, atau wisata keluarga.


10. Hutan Pinus Maribaya - Bandung

Hutan Pinus Maribaya

Siapa sih yang ngga tahu The Lodge Maribaya? Bagi wisatawan yang liburan ke Bandung terutama ke area Lembang, tempat wisata ini seolah menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. The Lodge Maribaya menawarkan berbagai hal pada pengunjung seperti camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner.

Terdapat juga berbagai wahana yang di kelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara dan suasana di The Lodge Maribaya sangat sejuk dan menyegarkan. Jika kamu melihat review di internet, tempat ini lebih cocok disebut wisata foto karena memang memanjakan pengunjung yang ingin berfoto dengan sudut dan background yang indah.


Itulah deretan 10 Destinasi Wisata Hutan Pinus Terbaik Di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata hutan pinus pastinya akan memberikan pengelaman yang menarik dalam liburan kamu bersama keluarga, temau, atau pasangan. Namun, jangan lupa untuk tetap ikut menjaga kelestarian lingkungan sekitar ya.