Pohon Konifer Tua

Pada postingan kali ini Coniver Lover ingin berbagi daftar pohon konifer tertua yang telah diketahui (diteliti), dan dilaporkan dari sumber terpercaya.

Definisi dari apa yang merupakan pohon individu berbeda-beda. Selain itu, umur pohon berasal dari pengukuran berbagai cara, termasuk sampel inti jumlah "cincin-pohon" yang didokumentasikan, dan dari perkiraan.

Banyak dari pohon-pohon konifer ini mungkin bahkan lebih tua dari umurnya, tetapi kayu tertua di pohon tersebut mungkin sudah lapuk dan menyulitkan peneliti memastikannya.

Beberapa pohon konifer tua, sebagian besar pusat cincinnya telah hilang sehingga umurnya tidak dapat ditentukan secara langsung. Sebaliknya, estimasi pengukuran umur pohon dibuat berdasarkan ukuran pohon dan laju pertumbuhan yang diperkirakan.

Pemegang rekor pohon tertua saat ini untuk pohon individu, non-klonal adalah pohon Great Basin Bristlecone Pine yang berada di White Mountain, California, Amerika Serikat. Melalui referensi silang cincin pohon, mereka telah terbukti berumur lebih dari lima ribu tahun.

Hutan pohon pinus kuno Huon seluas 2,5 hektar (1,0 ha) di Mount Read, Tasmania diperkirakan ada salah satu pohon yang berumur sekitar 10.000 tahun, sebagaimana ditentukan oleh sampel DNA yang diambil dari serbuk sari yang dikumpulkan dari endapan danau terdekat. Setiap pohon dalam kelompok ini rata-rata memiliki umur 4.000 tahun.

Nah sekarang, langsung saja kita lihat daftar 10 Pohon Konifer Tertua Di Dunia dibawah ini.


1. Old Tjikko (9.550 tahun)

Old Tjikko

Old Tjikko adalah pohon Norway spruce yang memiliki nama ilmiah Picea abies. Terletak di Fulufjället National Park, Dalarna, Swedia. Batang pohon itu diperkirakan berusia lebih dari 600 tahun, tetapi akar utamanya telah beumur 9.550 tahun. Di tempat lain di pegunungan Fulu, 20 pohon Norway spruce telah ditemukan yang berusia lebih dari 8.000 tahun.


2. Great Basin Bristlecone Pine (5.069 tahun)

Great Basin Bristlecone Pine

Ini adalah pohon Pinus longaeva yang tumbuh di White Mountain, California, Amerika Serikat. Diteliti oleh Edmund Schulman, dan umurnya ditentukan oleh Tom Harlan. Sayangnya, inti cincin pada batang utama pohon tidak ada dan tanggal penelitiannya tidak diketahui. Akan tetapi, Great Basin Bristlecone Pine adalah salah satu pohon tertua di bumi yang masih hidup dan sangat populer. Orang-orang meyakini bahwa pohon tersebut memang berusia lebih dari 5.000 tahun


3. Methuselah (4.851 tahun)

Methuselah

Methuselah adalah pohon pinus (Pinus longaeva) berumur 4.851 tahun yang tumbuh tinggi di Pegunungan Putih Inyo County di California Timur, Amerika Serikat. Pohon ini diakui sebagai pohon dengan usia paling terkonfirmasi di dunia.


4. Sarv-e Abarkuh (4.500 tahun)

Sarv-e Abarkuh

Sarv-e Abarkuh adalah pohon Mediterranean cypress dengan nama ilmiah Cupressus sempervirens. Pohon ini juga disebut Zoroastrian Sarv, yang telah berusia lebih dari 4.500 tahun. Sarv-e Abarkuh tumbuh di Abarkuh di Provinsi Yazd, Iran.


5. Llangernyw Yew (4.000 tahun)

Llangernyw Yew

Llangernyw Yew (Taxus baccata) adalah pohon Yew tua yang ada di desa Llangernyw, Conwy, Wales Utara. Pohon ini masuk dalam daftar 50 pohon terbesar di Inggris, ia memiliki diameter batang 10,75 meter.


6. Gran Abuelo (3.648 tahun)

Gran Abuelo

Gran Abuelo adalah pohon Cemara (Fitzroya cupressoides), namanya sendiri disebut dalam bahasa Spanyol, jika diterjemahkan memiliki arti "kakek buyut". Pohon berusia lebih dari 3.000 tahun ini terletak di Taman Nasional Alerce Costero di Chili. Gran Abuelo masuk dalam daftar pohon tertua yang hidup di Amerika Selatan.


7. The President (3.200 tahun)

The President

The President adalah pohon Giant Sequoia (Sequoiadendron giganteum) yang terletak di Giant Forest of Sequoia National Park, sebelah timur Visalia, California, Amerika Serikat. The President memiliki ketinggian 75 meter dan diameter batang terbawah 8,2 meter.


8. General Sherman (2.200 - 2.700 tahun)

General Sherman

General Sherman atau Jenderal Sherman adalah nama pohon Giant Sequoia yang terdapat di Giant Forest, sama seperti saudaranya pohon The President. General Sherman diperkirakan berusia 2.200 tahun dan ia adalah pohon individu terbesar di muka bumi dengan ukuran volume badan 1487 m³.


9. Jōmon Sugi (2.100 - 7.200 tahun)

Jōmon Sugi

Jōmon Sugi adalah pohon Cedar (Cryptomeria japonica) besar yang terletak di Yakushima, Situs Warisan Dunia UNESCO, di Jepang. Ini adalah tertua dan terbesar yang masih hidup di antara pohon Cryptomeria.


10. Te Matua Ngahere (1.200 - 4.000 tahun)

Te Matua Ngahere

Te Matua Ngahere adalah pohon konifera Kauri (Agathis australis) raksasa di Hutan Waipoua Wilayah Northland, Selandia Baru. Nama pohon Maori memiliki arti "Bapak Hutan". Meskipun tidak sebesar atau setinggi Tāne Mahuta, namun Te Matua Ngahere memiliki postur yang lebih gagah, dengan diameter pangkal batang sekitar 16 meter.