Kulit Kayu Pinus (Pine Bark)

Saat ini, kulit kayu pinus (pine bark) mungkin muncul dalam produk berkemasan yang berguna untuk campuran tanah bonsai. Untuk satu alasan, pine bark berfungsi untuk menahan kelembaban. Juga, itu dapat terurai lambat dan memasok makanan bagi pohon.

Ketersediaannya yang mudah di alam adalah faktor lain yang mendukungnya. Kulit kayu pinus sering dikemas sebagai media tanam anggrek.

Selain kegunaan getah pohon pinus, ternyata kulit kayunya pun memiliki beragam manfaat yang bisa di olah sebagai bahan utama farmasi untuk keperluan-keperluan manusia. Misalnya saja :


1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Diluar gunanya untuk menahan kelembaban, ekstak kulit kayu pinus juga memiliki efek imunomodulator yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.


2. Melindungi Kulit Dari Sinar UV


Paparan sinar UV (Ultaviolet) bisa menyebabkan kerusakan pada kulit seperti penuaan dini. Kulit lebih cepat keriput, kendur, serta tampak flek berwarna cokelat kehitaman (terutama di area tubuh yang terpapar sinar UV). Ekstak kulit kayu pinus sebagai antioksidan bisa membantu mengurangi kerusakan kulit tersebut.


3. Mengurangi Gejala Pramenopause


Gejala pramenopause, terutama masalah tidur seperti insomnia dapat berkurang secara signifikan pada orang yang mengonsumsi ekstak kulit kayu pinus rutin selama sebulan.


4. Menurunkan Kadar Gula Darah


Mengkonsumsi suplemen ekstak kulit kayu pinus dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh serta memperbaiki fungsi sel pada pembuluh darah.

CATAT : Suplemen ini tetap tidak bisa menggantikan obat-obatan atau perawatan diabetes dari dokter, tetapi hanya melengkapi saja.


5. Memperbaiki Disfungsi Ereksi


Kombinasi ekstak kulit kayu pinus dan L-arginine dapat membantu memperbaiki disfungsi ereksi atau impotensi. Penelitian yang dilakukan tahun 2015 ini menyatakan efek kombinasi keduanya dapat memperbaiki fungsi seksual setelah dikonsumsi rutin selama empat bulan.


6. Antiradang


Suplemen yang dibuat menggunakan ekstak kulit kayu pinus bekerja sebagai antiradang dengan mengurangi zat-zat yang berperan dalam proses peradangan.


Banyak ilmuwan yang telah meneliti manfaat dari ekstrak kulit kayu pinus yang diambil dari pohon Pinus French Maritime. Ekstrak kulit kayu pinus ini dijadikan komposisi bahan dalam berbagai suplemen, terutama suplemen untuk masalah kulit.