Cemara Natal Terbaik

Apakah kamu akan pergi ke penjual tanaman hias untuk membeli pohon cemara? Jenis apa yang biasanya kamu beli? Seperti apa itu jika dihias? Bagaimana dengan cemara jenis lain?

Faktanya adalah ada banyak sekali jenis pohon cemara yang dapat kamu pilih untuk Natal.

Pohon cemara Natal menjadi titik fokus dekorasi dan tradisi keluarga nasrani, jadi penting untuk memutuskan pohon cemara yang tepat. Bentuk, warna, dan aroma hanyalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Untuk membantu kamu menemukan pohon cemara Natal yang sempurna, Conifer Lovers telah menyusun berbagai jenis pohon itu. Ini diklasifikasikan berdasarkan kualitas dan karakteristik mereka yang paling umum.

Berikut ini 5 Jenis Pohon Cemara Terbaik Untuk Hiasan Natal :


1. Cemara Norfolk


Cemara Natal (Cemara Norfolk)
Cemara Norfolk | Source : Tokopedia


Cemara Norfolk (Araucaria heterophylla) adalah tanaman vaskular di keluarga konifer kuno dan sekarang tersebar di Araucariaceae. Pohon cemara ini sangat cocok untuk dijadikan pohon Natal karena bentuk dedaunannya yang menyerupai pohon Fir (Abies) atau cemara yang bisa digunakan orang barat untuk Natal.


2. Cemara Lilin


Cemara Natal (Cemara Lilin)
Cemara Lilin | Source : Shopee


Cemara Lilin atau Sanobar (Cupressus sempervirens) adalah pohon konifer dari ordo Pinales berukuran sedang dan selalu hijau. Tingginya mencapai 35 meter, dengan pucuk mengerucut, dahan-dahan merata dan cabang-cabang kecil yang menggantung. Cemara Lilin ini juga termasuk pohon cemara yang populer dijadikan pohon Natal diberbagai negara karena memang bentuk pohonnya yang menarik.

Di negara barat, pohon cemara lilin dikenal dengan nama Mediterranean cypress atau Italian cypress.


3. Cemara Kipas


Cemara Natal (Cemara Kipas)
Cemara Kipas | Source : Westlake Nursery


Cemara Kipas (Platycladus orientalis) adalah pohon konifer yang selalu hijau dari keluarga cemara Cupressaceae, yang hanya satu spesies, Platycladus orientalis. Pohon ini juga dikenal sebagai Thuja Cina, Thuja Oriental, dan Arborvitae Cina.

Bentuknya yang melebar kesegala sisi seperti Cemara Leyland (Cupressus × leylandii) membuat pohon ini tampak gemuk. Cemara Kipas juga salah satu jenis cemara yang bisa kamu pilih untuk pohon Natal lho.


4. Cemara Pua Pua


Cemara Natal (Cemara Puapua)
Cemara Pua Pua | Source : Jualo


Cemara Pua Pua (Cupressus papuanus) adalah salah satu cemara yang memiliki daun menyerupai tanduk rusa. Pohon cemara pua pua juga dapat kamu pilih untuk dihias dan dijadikan pohon Natal yang indah.


5. Cemara Embun


Cemara Natal (Cemara Embun)
Cemara Embun | Source : Tokopedia


Cemara Embun (Casuarina equisetifolia) adalah pohon cemara yang memiliki daun berwarna hijau kebiruan serupa dengan pohon cemara barat, Blue spruce (Picea pungens). Cemara Embun baik dihias dan dipercantik untuk dijadikan pohon Natal kecil yang ditempatkan diatas meja rumah, kantor atau dikirim ke orang yang kamu sayangi sebagai hadiah Natal.


Dari kelima pohon cemara diatas, mana yang pilihanmu di Natal kali ini?